17 Mei 2012

Final Liga Champion, Bayern Munich vs Chelsea

Pertandingan yang akan digelar pada Tgl.20 mei 2012 minggu dini hari (WIB), di stadion Allianz Arena, Muenchen, Jerman. Inilah partai Final Liga Champion pada musim kompetisi tahun 2011-2012, yang mempertemukan Bayern Munich (Jerman) vs Chelsea (Inggris), Bayern Munich akan lebih diunggulkan karna akan tampil di publik dan kandang mereka sendiri, suatu suntukan moril yang sangat membantu kepercayaan diri mereka.

Pada partai ini ada beberapa nama yang dipastikan tidak akan tampil, dikarenakan akumulasi kartu di partai semifinal. Chelsea dipastikan kehilangan Branislav Ivanovic, Ramires, Raul Meireles, dan sang kapten John Terry, sedangkan Bayern Munich dipastikan tidak bisa memasang Luiz Gustavo Diaz, David Alaba, dan Holger Badstuber. Dan belum lagi ada beberapa pemain yang belum pulih dari cidera ataupun baru mendapatkan cidera, seperti kabar Malouda yang dikabarkan cidera hamstring, lalu belum fit nya David Luiz dan Gary Cahill di kubu chelsea. Sedang di kubu Bayern Munich, hingga posting ini turun belum diberitakan ada pemain yang cidera atau tidak fit. Tetapi kita masih akan belum tahu, dikarenakan masih ada 2-3 hari lagi menjelang partai ini, tidak akan ada yang tahu hingga nanti mereka merilis skuad nya untuk partai puncak ini.

Sekarang kedua team ini memang sangat layak untuk berada dalam partai final ini, walau tidak diunggulkan sebelumnya, apalagi saat partai semifinal mereka bertemu dua team raksasa dari Spanyol, Barcelona dan Real Madrid. Yang sangat membanggakan adalah sedang naik daun nya pelatih sementara Chelsea, Roberto Di Matteo, sejak dipecatnya pelatih utama mereka. Chelsea memperbaiki di liga dosmetik, lalu menjuarai piala dosmetik, dan mengalahkan Barcelona di semifinal. Mereka memang tidak diunggulkan saat partai final nanti, tetapi Bayern Munich harus memperhatikan moral pelatih dan pemain chelsea yang sedang bagus-bagusnya, karna dalam sepakbola selain taktik, strategi, dan individual pemain, ada yang lebih penting adalah mental. Mental chelsea sedang dalam trek yang sangat baik, dan mereka juga bukan team yang diunggulkan, dan itu bisa menjadikan nya kuda hitam, bermain tanpa tekanan. Sedang di kubu Bayern sendiri dengan tampil di publik sendiri, harusnya bisa memberikan dorongan moral, bukan menjadi suatu tekanan terhadap pemain maupun pelatih. Jika Bayern bisa menjaga konsistensi selama pertandingan bukan tidak mungkin, mereka yang akan membawa pulang trofi Liga Champion ini. Walau kehilangan beberapa pemain karna akumulasi, tetapi pelapis mereka sama baiknya, lalu bintang-bintang klub ini siap 100% menghadapi partai ini, seperti Robben, Ribery, Schweinsteiger dan juga Mario Gomez. Nama yang disebut terakhir saat ini sudah mencetak 12 gol dan bertengger di posisi kedua setelah Messi (14 gol) di daftar pencetak gol Liga Champion.

Strategi yang akan dimainkan oleh Chelsea adalah akan lebih melakukan pertahanan yang baik dan membiarkan pemain Bayern menguasai bola (ball position) lebih banyak, karna Chelsea mengharapkan sebuah kelengahan di lini belakang Bayern untuk melakukan serangan balik yang cepat. Dan jika Bayern lengah bukan hal yang mustahil Chelsea akan lebih dekat dengan trofi ini. Kesempatan yang bisa didapatkan Bayern adalah diharapkan memanfaatkan bola-bola mati yang akan mereka dapatkan (akan banyak pelanggaran dan sepak pojok), karna mengingat Chelsea akan bermain lebih bertahan. Diawal pertandingan pasti chelsea akan coba untuk melakukan penguasaan dan inisiatif penyerangan, dibandingkan Bayern. Tapi jika Bayern sudah bisa lebih percaya diri, baru akan melakukan ball position, dan menyerang dengan pelan tapi pasti.

Jika Bayern Munich bisa bermain dengan hati-hati dan memanfaatkan peluang dengan baik, maka hasil positif pasti akan didapatkan. Jika didalam persen, maka Bayern akan diunggulkan 60% : 40% dibanding Chelsea. Prediksi skor GIBOL 2-0 untuk Bayern Munich. Tetapi jika Bayern bermain dalam tekanan dan mental pemain kurang baik, maka jangan kaget jika Chelsea bisa mengangkat trofi tersebut.

Untuk kita pecinta sepakbola nasional, bisa mempelajari bagaimana bermain dengan mental, fisik, dan kualitas permainan tingkat tinggi. Bukan kita tidak mampu, tapi sistem dan cara berpikir kita yang harus diubah, untuk mencapai tingkat tersebut. Saya percaya kualitas skill individu pemain kita dengan mereka tidak berbeda jauh. Bagaimana yah jika suatu saat nanti salah satu klub kita bisa bermain di kejuaraan sepakbola dunia antar klub, dan bisa bertemu dengan klub-klub besar dari benua lainnya, keren dan bangga pastinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by SOBAT PTC